Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung Berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat

Sarah Asrina Rangkuti, Iwan Kurniawan

Abstract


Improving the quality of public services is the responsibility of the government toward stakeholders to create an effective, efficient, and accountable service product. The purpose of this study was to determine the implementation of public services in The Population and Civil Registration Agency (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil – Disdukcapil) of Bandung City, measure the level of public satisfaction with the quality of public services and provide suggestions to improve the quality of public services in the Disdukcapil Bandung. The research method used is a mixed approach /methods with questionnaires, interviews, and documentation studyies as data collection techniques and accidental sampling as sampling technique. Data was analysed using Structural Equation Modeling (SEM) based on Partial Least Square (PLS) for quantitative approach, and qualitatively using Miles and Huberman. The results showed that the quality of public services on public satisfaction in Disdukcapil Bandung was good. This study gave suggestion to improve three aspects, i.e. service time, human resource competency, and the management of complaint handling. The study proposed Disdukcapil to create an integrated one-stop service to overcome the massive queues, that often occur and gave intensive training to improve human resources quality, especially in the service department. 


Keywords


public service, quality of public service, public satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Anggorowati, Y., Jubaedah, E., & Susanto, S. (2019). Implikasi Kualitas Pelayanan dan Produk di Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 16(1). https://doi.org/10.31113/jia.v16i1.204

Anuraga, G., Sulistiyawan, E., & Munadhiroh, S. (2017). Structural Equation Modeling – Partial Least Square untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) di Jawa Timur. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya.

E. Wirijadinata, J., & Afriany, D. (2017). Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Izin Usaha Perdagangan dengan Menggunakan Causal Loop Diagram (CLD). Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 14(2). https://doi.org/10.31113/jia.v14i2.110

Erwin, P. & Karmini, N. (2012). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 1(1).

Ginting, D. B. (2009). Structural Equation Model Latent.Pdf. Media Informatika, 8(3).

Hardiyansyah, H. (2017). Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik. Gava Media.

Ibrahim, I. (2018). Implementasi Kebijakan DIKLATPIM IV Pola Baru dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Pemerintah Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 15(2). https://doi.org/10.31113/jia.v15i2.175

Izmaya, H., & Purnamasari, D. (2021). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan dan Kualitas Data Penginderaan Jauh. Jurnal Informatika, 6(2), 93–98. https://media.neliti.com/media/publications/467694-none-0060a6e1.pdf

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 63/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Kurniawan, I., Setiawan, B., & Choerunnisa, R. R. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Analisis Jabatan dan Beban Kerja Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 16(2). https://doi.org/10.31113/jia.v16i2.529

Mulyadi;, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik : Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Alfabeta

Mulyadi, D., Gedeona, H.T., & Afandi, M. N. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik : Konsep dan Praktik Administrasi dalam Penyusunan SOP, Standar Pelayanan, Etika Pelayanan, Inovasi untuk Kinerja Organisasi (E. Y. Edah Jubaedah (ed.)). Alfabeta.

Ok, S., & Hengsadeekul, T. (2018). Customer Satisfaction on Service Quality of Bus Transport: A Survey of Passengers from Phnom Penh to Poipet in Cambodia. Journal of Social Science Studies, 5(2). https://doi.org/10.5296/jsss.v5i2.13020

Lindawaty, D. S., Dharmaningtias, D. S., Ardiyanti, H., & Katharina, R. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia (M. Alfisyahrin (ed.); Cetakan 2). Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Nilai Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Septiadi, M. A. (2019). Strategi Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 1(1). https://doi.org/10.15575/politicon.v1i1.5366

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2). https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v25i2.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sarah Asrina Rangkuti, Iwan Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats


JURNAL WACANA KINERJA INDEXED BY:

            

__________________________________________________________________________________________________________

@2023 Center fo State Civil Apparatus Training and Development and Competency Mapping (Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara - Puslatbang PKASN LAN) Jl. Kiara Payung KM. 4, 7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45366 Telp. (022) 7790048-7790044-7790049-7782041-7782042 Fax. (022) 7790055-7782178; Email: wacanakinerja@yahoo.com; wacanakinerja@gmail.com

Powered by OJS