Analisis Pemetaan Potensi Daerah Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat

Putri Wulandari Rejeki

Abstract


Salah satu daerah di Kalimantan Barat yang wilayahnya langsung berbatasan darat dengan Malaysia ialah Kabupaten Sanggau. Dilihat dari struktur ekonominya, Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan; Sektor Industri Pengolahan; serta Sektor Perdagangan Besar & Eceran, Reparasi Mobil & Sepeda Motor merupakan tiga sektor utama penopang perekonomian Sanggau. Untuk mengetahui apakah ketiga sektor tersebut merupakan sektor unggulan di Kabupaten Sanggau, dibutuhkan analisis yang mendalam untuk mengetahuinya. Dengan menggunakan analisis Tipologi Klassen akan dilakukan pemetaan potensi daerah di kabupaten ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan peroleh hasil sebagai berikut. Sektor Konstruksi dan Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor masuk ke dalam sektor unggulan (Kuadran I). Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan; Sektor Pertambangan dan Penggalian; dan Sektor Industri Pengolahan masuk ke dalam sektor berkembang (Kuadran II). Sektor Pengadaan Listrik dan Gas; Sektor Transportasi dan Pergudangan; Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum; Sektor Informasi dan Komunikasi; Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi; Sektor Jasa Perusahaan; Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib; serta Sektor Jasa Lainnya masuk ke dalam sektor potensial (Kuadran III). Sementara Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Daur Ulang; Sektor Real Estate; Sektor Jasa Pendidikan; Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial masuk ke dalam sektor terbelakang (Kuadran IV). Adapun rekomendasi untuk mengoptimalkan pengembangan potensi ekonomi di Kabupaten Sanggau adalah melalui promosi dan ekspansi untuk sektor unggulan, intensifikasi untuk sektor yang masih berkembang, dan ekstensifikasi untuk sektor potensial.

Keywords


pertumbuhan ekonomi, potensi daerah, Tipologi Klassen

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2017). Kabupaten Sanggau Dalam Angka. Sanggau: Badan Pusat Statistik.

Cahyono, S. A., & Wijaya, W. W. (2014). Identifikasi Sektor Ekonomi Unggulan Dan Ketimpangan Pendapatan Antar Kabupaten Di Sub Das Bengawan Solo Hulu. JURNAL Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 11(1), 32–43.

Elysanti, S., P, T. H., D, H. C., Iesp, J., Ekonomi, F., & Unej, U. J. (2015). Wilayah Kecamatan di Kabupaten Jember ( Tipology Analysis and Sector Potential In Regional Economic Development of Jember District ).

Mahmudi. (2010). Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga.

Miroah, C. (2015). Analisis penentuan sektor unggulan kota semarang melalui pendekatan tipologi klassen.

Ratnasari, E. D. (2014). Sectors Analysis and Determination of Gdp Forming Leading. Jurnal Fokus Bisnis, 13(1), 1–29.

Sukirno, S. (2011). Ekonomi Pembangunan, Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Kencana.

Sukriah, E. (2014). Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 11, 65–74.

Suprayitno, B., & Nurseto, T. (2010). Pergeseran Sektor Ekonomi Unggulan Kabupaten Bantul Pasca Gempa melalui Analisis Tipologi Klassen, 1–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v21i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Putri Wulandari Rejeki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats


JURNAL WACANA KINERJA INDEXED BY:

            

__________________________________________________________________________________________________________

@2023 Center fo State Civil Apparatus Training and Development and Competency Mapping (Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara - Puslatbang PKASN LAN) Jl. Kiara Payung KM. 4, 7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45366 Telp. (022) 7790048-7790044-7790049-7782041-7782042 Fax. (022) 7790055-7782178; Email: wacanakinerja@yahoo.com; wacanakinerja@gmail.com

Powered by OJS