Analisis Perencanaan Electronic Learning Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sejauh mana perencanaan E-Learning Di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sekolah Lembaga Administrasi Negara Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perencanaan e-learning telah didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sedangkan perencanaan e-learning ditinjau dari aspek Sumber Daya Manusia sudah sangat baik karena memiliki tim pengelola dengan kompetensi yang mumpuni, selain itu perencanaan e-learning dari ditinjau dari bahan ajar sudah terdapat upaya yang sistematis dan terencana, dan perencanaan e-learning ditinjau dari sarana prasarana sudah cukup baik namun perlu adanya pengembangan-pengembangan aplikasi dan penyediaan ruang studio yang berfungsi untuk menunjang efektifitas penerapan e-learning.
Kata Kunci: analisis perencanaan, e-learning, pembelajaran elektronik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dan Problem Based Instruction Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Skripsi. Bandung : FPEB UPI
Catanese, Snyder. (1989) Urban Planning. Bandung : Erlangga.
Clark & Mayer. (2008). E-learning and the science of instruction : proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco : John Wiley & Sons, Inc.
Daryanto. (2003). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
David. (2004). Manajemen Strategis: Konsep, Edisi ketujuh. Jakarta : PT. Prenhallindo
Effendi, Empy. Hartono, Zuang. 2005. E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi : Yogyakarta
Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hanifiah. (2018). Analisis Perencanaan E-Learning di Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Proceeding - Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 2.0. 106
Hanum. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(1), 90-101.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1584/1314
Kamarga. (2002). Belajar Sejarah melalui e-learning : Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.
Keban, Y. T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Komendangi, Molenaar, Lengkey. (2017). Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Learning Management System (Lms) Moodle di Program Studi Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Cocos. 1 (3), 2.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/cocos/article/view/14980/14552
Kusmayadi & Suryantini. (2016). Perancangan dan Pembangunan Sistem E-Learning Perpustakaan Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian. 25(2), 71-77. http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jpp/article/view/7705/6690
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
Nawawi. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Putranto. (2011). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Web dengan Analisis Swot pada Sekolah Menengah Umum. ComTech. 2(2), 646-661.
file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/2814-7697-1-SM.pdf
Riyana (2008) Konsep dan Aplikasi Media Pembelajaran. Http://File Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Kurikulum_Dan_Tek._Pendidikan/197512302001121- Cepi_Riyana/08_Media_Pembelajaran.
Suradji. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian dan Keuangan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jurnal Studi Pendidikan Islam. 1(2), 128. https://media.neliti.com/media/publications/264724-pengembangan-teknologi-informasi-dan-kom-c517a2d1.pdf.
Sujarto.(1990). Planning Process and Practice. Materi Kuliah PL 601. Bandung : S2 PWK ITB
Toha. (2001). Tutorial Elektronik Melalui Internet Dan Fax Internet. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 2 (1)
Pradnyana, Pradnyana. (2015). Implementasi Responsive E-learning Berbasis MOODLE untuk Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran di STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer dan Sains Terapan. 5 (2), 127. https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/sacies/article/view/73/29
Samarescu. (2016). The Teacher’s Role in Blended Learning and Teaching. The 12th International Scientific Conference eLearning and Software for Education Bucharest, 10.12753/2066-026X-16-270.
Seok. (2008). The aspect of elearning. International Journal on ELearning, Proquest, 7 (4).
Sisco. (2010). Nations First for elearning of effectiveness the Optimizing. Ottawa : The Conference Board of Canada.
Umar, Yudhana, Wassalam. (2018). Desain Antar Muka Sistem e-Learning Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi. 2(1), 33-39.
jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/download/1565/1270
Wahono. (2008). Definisi dan Komponen E-learning. Diakses 23 Januari 2019. http://romisatriawahono.net/2008/01/23/meluruskan-salahkaprah-tentang-e-learning.
Wilujeng. 2007. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu,
DOI: http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v22i1.139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rodlial Ramdhan Tackbir Abubakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL WACANA KINERJA INDEXED BY:
__________________________________________________________________________________________________________
@2023 Center fo State Civil Apparatus Training and Development and Competency Mapping (Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara - Puslatbang PKASN LAN) Jl. Kiara Payung KM. 4, 7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45366 Telp. (022) 7790048-7790044-7790049-7782041-7782042 Fax. (022) 7790055-7782178; Email: wacanakinerja@yahoo.com; wacanakinerja@gmail.com
Powered by OJS